Sabtu, 05 November 2011

makanan khas korea

Makanan Khas Korea

Well, klo kita biasa melihat drama-drama Korea pasti kita juga ngelihat makanan-makanan yg "Korea" banget dan bikin membangkitkan selera makan.(hehehe...)

Oleh karena itu, sekarang aku akan kasih beberapa info makanan Korea.....


Kimchi






Kimchi adalah makanan yg sering banget kita lihat di drama- drama Korea. Kimchi adalah makan fermentasi yang berasal dari sayuran, yg kebanyakan terbuat dari lobak, sawi, dan timun. Seenggaknya, ada satu kimchi yg disajikan bersama banchan all the year. Dan kimchi juga makanan utama Korea yg menjadi bahan dasar makan Korea lainnya.

Bulgogi




Bulgogi adalah makanan yang berupa potongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulgogi berarti “daging api”. Variasinya: daging babi (dwaeji-bulgogi), ayam (dak-bulgogi), dan sotong (ojingeo-bulgogi). (kayaknya rada jijai dech ngicipin makanan nich....)

Bibimbap




Bibimbap adalah makanan khas kota Jeonju, yaitu nasi yang dicampur berbagai macam sayuran, daging sapi, telur, dan gochujang. Variasi: dolsot bibimbap , bibimbap yang disajikan dengan panci batu panas. Yukhoe bibimbap adalah bibimbap dengan daging sapi cincang mentah (yukhoe), ditambah telur mentah di atasnya. Bibimbap dimakan setelah nasi dan lauk diaduk dengan sendok hingga tercampur.

Naengmyeon


Naengmyeon dengan mandu



Naengmyeon adalah mie khas Pyeongyang yang biasa dikonsumsi pada musim panas. Terdapat banyak jenisnya, umumnya mie tipis yang terbuat dari tepung buckwheat (jenis gandum), dihidangkan dengan kuah tulang sapi, ditambah macam-macam bumbu, sayuran, telur rebus dan daging sapi. Naengmyeon jenis ini disebut juga mul naengmyeon (naengmyeon air) untuk membedakannya dengan Bibim Naengmyeon, yang tidak berkuah, namun dicampur dengan gochujang yang pedas lalu dililit seperti sate. Variasi lainnya adalah mulhoe naengmyeon atau naengmyeon dengan makanan laut.

Tteok



Tteok adalah penganan atau kue asal Korea yang dibuat dari serealia, terutama beras atau ketan. Bahan dan cara pembuatan berbeda-beda menurut wilayahnya di Korea. Tteok juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim, termasuk perayaan tahun baru Korea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar